ayo berfikir

ayo berfikir
di ruangan

Rabu, 02 November 2011


Lembar Kerja IPS
VIII
1.     Standar Kompetensi                : 5. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
2.  Kompetensi Dasar               : 5.1.  kesadaran nasional, pergerakan kebangsaan
                                                          
3.     Indikator
*      Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan colonial, perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia, sehingga timbul semangat kebangsaan.
*      Mendeskripsikan peranan golongan terpelajar professional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional sehingga timbul rasa cinta tanah air

SUMPAH PEMUDA
PERTAMA:
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE
BERTOEMPAH DARAH SATOE, TANAH INDONESIA
KEDUA:
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE
BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
KETIGA:
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE
  MENJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Individu
Landasan Organisasi
Organisasi Politik
Th berdiri
Nama Pendiri
Tujuan
Daerah / Kota
Kebangsaan





Agama





Politik





Ekonomi





Sosial / Komnis






1. Dalam proses pendidikan, Ki Hajar Dewantara mengembangkan tiga filosofi kepemimpinan. Apa
    sajakah itu? Coba berilah contoh penerapan ketiga filosofi tersebut dalam kehidupan sehari-hari dalam
    kaitannya dengan peran kalian sebagai seorang pelajar!
2. Di antara ajaran-ajaran Mahatma Gandhi, ajaran Satyagraha mempunyai pengaruh yang paling besar   
    terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia. Mengapa? Coba diskusikan dengan teman
    sebangku kalian!

Kelompok
Diskusikan dengan teman sebangku tentang hal-hal berikut.
1. Siapakah tokoh partai liberal di negeri Belanda yang berinisiatif memperhatikan masalah
     pendidikan ?
2. Mengapa disebut “hutang budi” ?
3. Sebutkan jenis-jenis lembaga pendidikan yang ada !
4. Mengapa dengan pendidikan kemudian tumbuh cinta tanah air ?
5. Apakah ada hubungan antara surat kabar dan keinginan untuk bersatu ?















Lembar Kerja IPS
IX
4.    Standar Kompetensi         : 7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerja sama internasional
5.    Kompetensi Dasar             : 7.1.  Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya reformasi
                                                         
6.    Indikator
A.     Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah Orde Baru dalam melaksanakan politik luar negeri bebas aktif
B.     Siswa dapat menjelaskan berbagai kebijakan yang bertujuan mengubah Indonesia dari ekonomi kolonial menjadi ekonomi Nasional
C.     Siswa dapat menguraikan perkembangan politik dan ekonomi pada masa Orde Baru.
D.     Siswa dapat menjelaskan latar belakang berahirnya masa Orde Baru dan lahirnya masa Reformasi.


Reformasi merupakan suatu gerakan yang menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional. Artinya, adanya perubahan kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya yang lebih baik, demokratis berdasarkan prinsip kebebasan, persamaan, dan persaudaraan. Gerakan reformasi lahir sebagai jawaban atas krisis yang melanda berbagai segi kehidupan. Krisis politik, ekonomi, hukum, dan krisis sosial merupakan faktorfaktor yang mendorong lahirnya gerakan reformasi. Bahkan, krisis kepercayaan telah menjadi salah satu indikator yang menentukan. Reformasi dipandang sebagai gerakan yang tidak boleh ditawar-tawar lagi dan karena itu, hampir seluruh rakyat Indonesia mendukung sepenuhnya gerakan reformasi tersebut.

1.Persamaan-persamaan jatuhnya pemerintah orde baru dan orde lama.
2. Persamaan dan perbedaan antara orde baru dan orde reformasi.
3. Bukti-bukti peranan mahasiswa dalam gerakan reformasi.
4. Beberapa strategi yang ditempuh mahasiswa untuk mereformasi pemerintahan orde baru.
5. Mengapa Letjen Soeharto melakukan penangkapan terhadap 15 menteri Kabinet Dwikora Yang
    Disempurnakan? Sebutkan 15 menteri tersebut! Agar lebih lengkap, kalian dapat mendiskusikannya
   dengan teman-teman kalian dan mencari buku referensi di perpustakaan kalian!
6.Pemilu masa Orde Baru didasarkan pada asas LUBER. Apa sajakah asas-asas tersebut? Dan apakah
   sudah dilaksanakan dengan semestinya? Selanjutnya, pada masa Reformasi tahun 2004, pemilu juga
  dilaksanakan dengan asas luber dan jurdil. Coba kalian bandingkan pelaksanaan pemilu pada dua era
   tersebut! Bagaimana pendapat kalian jika ada pendapat yang menyatakan bahwa pemilu pada masa
   Orde Baru secara teoritis demokratis namun dari segi pelaksanaannya kurang demokratis? Coba    
   jelaskan! Kalian dapat mendiskusikannya dengan kelompok belajar kalian!
























Lembar Kerja IPS
VII
1. Standar Kompetensi                  : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.
2. Kompetensi Dasar                      : 3.1 Mendeskripsikan  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
                                                            yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
3. Indikator
1.       Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
2.       Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
3.       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral
4.      Memberikan beberapa contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral
Manusia sering disebut mahkluk beraspek jamak (multi dimensi). Hal ini nampak pada sebutan “manusia sebagai mahkluk social” atau “makhluk ekonomi” atau “mahkluk bermoral”. Tiga sebutan ini bisa disatukan menjadi “manusia adalah mahkluk sosial-ekonomi yang bermoral”. Disebut mahkluk social karena manusia selalu membutuhkan kehadiran orang lain dank arena itu selalu berkeinginan menjalin hubungan dengan manusia lain
Isilah titik titik di bawah ini
1. Manusia disebut sebagai makhluk sosial (homososious) karena ….
2. Manusia disebut sebagai makhluk ekonomi (homoeconomicus) karena….
3. Manusia disebut sebagai makhluk yang bermoral karena ….
4. Manusia disebut sebagai mahluk sosial dan ekonomi yang bermoral artinya ….
5. Berikan contoh satu tindakan yang menunjukkan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral!
6. Apakah ekonomis sama dengan hemat?
7. Apakah kesejahteraan sama dengan menjadi kaya? Apakah kaya berarti sejahtera?

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
1. Uraikan tiga pokok kegiatan ekonomi.
2. Tuliskan lima macam kegiatan yang kamu lakukan yang berdasar pada prinsip ekonomi
3. Berikan contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan produsen yang berdasar prinsip ekonomi.
4. Sebutkan empat macam motif ekonomi.
5. Mengapa kita harus berpedoman pada prinsip ekonomi?

Untuk mengembangkan kecakapan personal dan sosial, berikan contoh lain minimal lima kegiatan kalian sebagai makhluk sosial di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar