SMP ISLAM BAITUL ’IZZAH NGANJUK
Jl. Wilis, Kramat No.46 Nganjuk ( (0358) 322586
EVALUASI MID SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS : VIII
WAKTU : 90 menit
Petunjuk Umum:
1.Berdoalah sebelum dan sesudah mengerjakan soal di bawah ini.
2.Tulislah nama dan nomor peserta pada lembar jawaban yang telah tersedia.
3.Periksa dan bacalah soal-soal dengan teliti dan hati-hati .
4.Kerjakan sendiri dengan jujur.
Petunjuk Khusus :
I.Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,atau d pada jawaban yang paling tepat!
1. Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain atau sekelilingnya, yaitu masyarakat ini menurut pendapat ...
a. Soerjono Soekanto b. J.P Glastra c. Soekarno d. M. Yamin
2. Ubi societas ibi ius artinya
a. Hukum yang abadi c. Ada masyarakat pasti ada hukum
b. Hukum mengikuti masyarakat d. Masyarakat tanpa Hukum
3. Pada soal no 2 pendapat siapakah itu ...
a. Soerjono Soekanto b. Cicero c. M. Yamin d. KH Agus S
4. Salah satu fungsi hukum menurut J.P Glastra adalah ...
a. Menyelesaikan pertikaian c. Menghukum orang tanpa sebab
b. Menghukum seseorang melalui adat d. Norma kemasyarakatan
5. 1. PP 2. UU 3. Hukum adat 4. perda
Dari tabel diatas yang merupakan peraturan tertulis adalah ...
a. 1,2 dan 3 b. 2,3 dan 4 c. 1,3 dan 4 d. 1,2 dan 4
6. 1. Keputusan yang dikeluarkan oleh yang berwewenang
2. Isinya mengikat secara umum, tidak hanya mengikat orang tertentu dan
3. bersifat abstrak ( mengatur yang belum terjadi )
4. adanya kewenangan dari pembuat peraturan
Dari tabel diatas yang merupakan ciri – ciri peraturan yang tertulis adalah ...
a. 1, 2, dan 4 b. 1,2 dan 3 c. 2,3 dan 4 d. 1,3 dan 4
7. Manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial disebut… .
a. monodualis c, individualis
b. sosialis d. materialis
8. Pengertian norma adalah… .
a. aturan-aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
b. ketentuan hukum yang tertulis secara sistematis dan dibuat oleh pihak yang berwenang suatu negara
c. kebiasaan-kebiasaan yang hidup dalam bermasyarakat dan berjalan sebagai aturan hidup bersama secara turun temurun
d. Kaidah-kaidah atau ketentuan yang dijadikan peraturan hidup sehingga mempengaruhi tingkah laku manusia dalam masyarakat
9. Tujuan dibuatnya norma-norma dalam masyarakat adalah… .
a. mempertahankan keaslian budaya bangsa
b. memudahkan pergaulan bagi masyarakat
c. menciptakan keamanan dan ketertiban
d. melestarikan nilai-nilai luhur masyarakat
10. Manfaat yang didapat jika seseorang patuh terhadap peraturan yang berlaku adalah … .
a. merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
b. mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
c. mudah memperoleh segala apa yang diinginkan
d. selalu mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu
11. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Peraturan perundangan
2. Adat istiadat
3. Yurisprudensi
4. Doktrin
5. Agama
Dari pernyataan di atas, sumber norma hukum adalah … .
a. 1, 2, 3, dan 4 c. 1, 3, 4, dan 5
b. 1, 2, 3, dan 5 d. 2, 3, 4, dan 5
12. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Peraturan mengenai tingkah laku dalam pergaulan
2. Dibuat oleh badan-badan resmi
3. Bersifat memaksa
4. Dilaksanakan oleh aparat pemerintah
5. Bagi yang melanggar mendapat sanksi tegas
Dari pernyataan di atas, unsur-unsur hukum ditunjukkan nomor….
a. 1, 2, 3 dan 4 c. 1, 2, 4 dan 5
b. 1, 2, 3 dan 5 d. 2, 3, 4 dan 5
13. Akibat yang timbul jika tidak patuh terhadap peraturan yang berlaku di sekolahnya antara lain ....
a. banyak siswa yang tidak naik kelas
b. para siswa akan dikenakan sanksi yang berat
c. terganggunya proses belajar mengajar
d. masyarakat membenci pada sekolah tersebut
14. Contoh perbuatan pelajar yang mematuhi peraturan sekolah yaitu ....
a. menuntut bebas dari pembayaran sekolah
b. mencari perhatian dari Kepala Sekolah
c. datang dan pulang sekolah tepat waktu
d. meninggalkan pelajaran sebelum waktunya
15. Contoh perilaku kesadaran terhadap aturan di lingkungan keluarga adalah ….
a. belajar sesuai dengan kemauannya
b. selalu mendapat prestasi yang baik
c. bekerjasama menciptakan ketertiban
d. melaksanakan segala tanggungjawabnya
16. pendapat yang mengatakan bahwa Peraturan perundang-udangan adalah segala sesuatu yang merupakan hasil dari peraturan dari pusat dan daerah adalah ....
a. Ferry Edwar b. J.P Glastra c. Soerjono d. Cicero
17. Peraturan daerah Provinsi dibuat oleh…
a. Wali kota dan DPRD b. Mendagri c. Presiden d. DPRD dan Gubernur
18. Demokrasi yang dilaksanakan di Athena pada masa Yunani Kuno adalah Praktik demokrasi…
a. Liberal b. langsung c. perwakilan d.parlementer
19. Istilah polis pada system demokratis pada masa Yunani Kuno diartikan sebagai …
a. Negara kota b. Negara desa c. kekuasaan polisi d. kekuatan rakyat
20. Unsur rule of law antara lain ….
a. Berlakunya teori kedaulatan hukum
b. hak-hak asasi manusia dilindungi oleh UUD
c. Kesejahteraan rakyat memperoleh jaminan hokum
d. Hukum adalah satu-satunya norma hukum
21. UU anti korupsi adalah …
a. No 20 th 2000 b. no 20 th 2001 c. no 20 th 2002 d. 2 th 2003
22. Pada tahun 1959 – 1966 di Idonesia diterapkan demokrasi …
a. Parlementer b. Pancasila c. terpimpin d. liberal
23. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan merupakan bunyi UUD 45 pasal …
a. 33 ayat 3 b. 33 ayat 2 c. 33 ayat 4 d. 33 ayat 1
24. Sistem pendidikan Nasional di Indonesia diatur dalam UU no…
a. 20 th 2003 b. 20 th 2004 c. 20 th 2005 d. 20 th 2006
25. Sebelum disahkan , pembahasan rancangan undang-undang dilakukan dalam sidang…
a. DPR b. MPR c. Kabinet d. MA
II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar
26. Pembentukan peraturan perundang-undangan diatur dalam UU No.10 tahun 2004
27. Perubahan tentang UU dilakukan 4 kali perubahan pertama terjadi pada tanggal 12 oktober 1999
28. Presiden Indonesia yang ke 3 adalah B J Habbie
29. PNS menerima Hadiah termasuk korupsi sesuai dengan UU perkorupsian pasal 11
30. Untuk memberantas korupsi maka di Indonesia dibentuk lembaga KPK
31. Kata demos berarti Rakyat
32. Kapan mulai muncul paham demokrasi pada abad ke 5 masa Yunani kuno
33. Berdasarkan UUD 45 lembaga perwakilan rakyat adalah DPR dibentuk ditingkat pusat
34. Demokrasi Pancasila mulai berlaku di Indonesia tahun 1998
35. Pasal 5 UU No.25 tahun 1992 membahas tentang Koperasi
II. Uraikan jawaban dibawah ini
36. Jelaskan bahwa system demokrasi liberal tidak cocok diterapkan di Indonesia
37. Berikan penjelasan bahwa pendidikan yang diskriminatif itu bertentangan dengan semangat Demokrasi
38. Bagaimana pendapatmu mengenai penyelesaian kasus Korupsi di Indonesia
39. Mengapa manusia dikatakan sebagai makhluk yang unik
40. Sebutkan urutan peratran UU di Indonesia berdasarkan Pasal 7 UU No. 10 tahun 2004?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar