Lembar Kerja IPS
VIII
1.
Standar Kompetensi :
5. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
2. Kompetensi
Dasar : 5.1. kesadaran
nasional, pergerakan kebangsaan
3.
Indikator
Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan colonial,
perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia, sehingga
timbul semangat kebangsaan.
Mendeskripsikan peranan golongan terpelajar
professional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional sehingga
timbul rasa cinta tanah air
SUMPAH PEMUDA
PERTAMA:
KAMI
POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE
BERTOEMPAH
DARAH SATOE, TANAH INDONESIA
KEDUA:
KAMI
POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE
BERBANGSA
JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
KETIGA:
KAMI
POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE
MENJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA
INDONESIA
Individu
Landasan
Organisasi
|
Organisasi
Politik
|
Th berdiri
|
Nama Pendiri
|
Tujuan
|
Daerah / Kota
|
Kebangsaan
|
|
|
|
|
|
Agama
|
|
|
|
|
|
Politik
|
|
|
|
|
|
Ekonomi
|
|
|
|
|
|
Sosial / Komnis
|
|
|
|
|
|
1. Dalam proses pendidikan, Ki Hajar Dewantara
mengembangkan tiga filosofi kepemimpinan. Apa
sajakah itu? Coba berilah contoh penerapan
ketiga filosofi tersebut dalam kehidupan sehari-hari dalam
kaitannya dengan peran kalian sebagai seorang
pelajar!
2. Di antara
ajaran-ajaran Mahatma Gandhi, ajaran Satyagraha mempunyai pengaruh yang paling
besar
terhadap perkembangan pergerakan nasional
Indonesia. Mengapa? Coba diskusikan dengan teman
sebangku kalian!
Kelompok
Diskusikan dengan teman sebangku
tentang hal-hal berikut.
1. Siapakah tokoh partai liberal di
negeri Belanda yang berinisiatif memperhatikan masalah
pendidikan ?
2. Mengapa disebut “hutang budi” ?
3. Sebutkan jenis-jenis lembaga
pendidikan yang ada !
4. Mengapa dengan pendidikan
kemudian tumbuh cinta tanah air ?
5. Apakah ada hubungan antara surat
kabar dan keinginan untuk bersatu ?
Lembar Kerja IPS
IX
4. Standar Kompetensi : 7. Memahami
perubahan pemerintahan dan kerja sama internasional
5.
Kompetensi Dasar : 7.1. Menjelaskan
berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya reformasi
6.
Indikator
A.
Siswa dapat menjelaskan
langkah-langkah Orde Baru dalam melaksanakan politik luar negeri bebas aktif
B.
Siswa dapat menjelaskan berbagai
kebijakan yang bertujuan mengubah Indonesia dari ekonomi kolonial menjadi
ekonomi Nasional
C.
Siswa dapat menguraikan perkembangan
politik dan ekonomi pada masa Orde Baru.
D.
Siswa dapat menjelaskan latar
belakang berahirnya masa Orde Baru dan lahirnya masa Reformasi.
Reformasi merupakan suatu gerakan
yang menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional. Artinya, adanya
perubahan kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya
yang lebih baik, demokratis berdasarkan prinsip kebebasan, persamaan, dan
persaudaraan. Gerakan reformasi lahir sebagai jawaban atas krisis yang melanda
berbagai segi kehidupan. Krisis politik, ekonomi, hukum, dan krisis sosial
merupakan faktorfaktor yang mendorong lahirnya gerakan reformasi. Bahkan,
krisis kepercayaan telah menjadi salah satu indikator yang menentukan. Reformasi
dipandang sebagai gerakan yang tidak boleh ditawar-tawar lagi dan karena itu,
hampir seluruh rakyat Indonesia mendukung sepenuhnya gerakan reformasi
tersebut.
1.Persamaan-persamaan jatuhnya
pemerintah orde baru dan orde lama.
2. Persamaan dan perbedaan antara
orde baru dan orde reformasi.
3. Bukti-bukti peranan mahasiswa
dalam gerakan reformasi.
4. Beberapa strategi yang ditempuh
mahasiswa untuk mereformasi pemerintahan orde baru.
5. Mengapa Letjen
Soeharto melakukan penangkapan terhadap 15 menteri Kabinet Dwikora Yang
Disempurnakan? Sebutkan 15 menteri
tersebut! Agar lebih lengkap, kalian dapat mendiskusikannya
dengan teman-teman kalian dan mencari buku
referensi di perpustakaan kalian!
6.Pemilu masa Orde
Baru didasarkan pada asas LUBER. Apa sajakah asas-asas tersebut? Dan apakah
sudah dilaksanakan dengan semestinya?
Selanjutnya, pada masa Reformasi tahun 2004, pemilu juga
dilaksanakan dengan asas luber dan jurdil.
Coba kalian bandingkan pelaksanaan pemilu pada dua era
tersebut! Bagaimana pendapat kalian jika ada
pendapat yang menyatakan bahwa pemilu pada masa
Orde Baru secara teoritis demokratis namun
dari segi pelaksanaannya kurang demokratis? Coba
jelaskan! Kalian dapat mendiskusikannya
dengan kelompok belajar kalian!
Lembar Kerja IPS
VII
1. Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi
kebutuhan.
2. Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
3. Indikator
1. Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
2.
Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral.
3.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang
bermoral
4. Memberikan beberapa
contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang
bermoral
Manusia sering
disebut mahkluk beraspek jamak (multi dimensi). Hal ini nampak pada sebutan
“manusia sebagai mahkluk social” atau “makhluk ekonomi” atau “mahkluk
bermoral”. Tiga sebutan ini bisa disatukan menjadi “manusia adalah mahkluk
sosial-ekonomi yang bermoral”. Disebut mahkluk social karena manusia selalu
membutuhkan kehadiran orang lain dank arena itu selalu berkeinginan menjalin
hubungan dengan manusia lain
Isilah
titik titik di bawah ini
1.
Manusia disebut sebagai makhluk sosial (homososious) karena ….
2.
Manusia disebut sebagai makhluk ekonomi (homoeconomicus) karena….
3. Manusia
disebut sebagai makhluk yang bermoral karena ….
4.
Manusia disebut sebagai mahluk sosial dan ekonomi yang bermoral artinya ….
5.
Berikan contoh satu tindakan yang menunjukkan manusia sebagai makhluk sosial
dan ekonomi yang bermoral!
6.
Apakah ekonomis sama dengan hemat?
7. Apakah kesejahteraan sama dengan menjadi kaya? Apakah kaya
berarti sejahtera?
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
1. Uraikan tiga pokok kegiatan ekonomi.
2. Tuliskan lima macam kegiatan yang kamu lakukan yang berdasar
pada prinsip ekonomi
3. Berikan contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan produsen yang
berdasar prinsip ekonomi.
4. Sebutkan empat macam motif ekonomi.
5. Mengapa kita harus berpedoman pada prinsip ekonomi?
Untuk mengembangkan kecakapan personal dan sosial,
berikan contoh lain minimal lima kegiatan kalian sebagai makhluk sosial di
lingkungan sekolah dan lingkungan rumah?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar